Senin, 28 November 2022

Pembelajaran TIK

 

Masih tetap pada pembahasan pembelajaran TIK, satu minggu kemarin pembelajaran yang saya lakukan ada yang perbaikan untuk nilai ujian praktik dan ada juga yang pembahasan materi baru. Untuk gambar pertama disini adalah gambar dimana anak-anak melakukan praktik, mereka melakukan praktik karena waktu praktek yang siang kurang jadi saya lanjutkan di jam pembelajaran TIK. Masih sama yaitu saya memberikan sebuah soal cerita, disoal tersebut menarasikan sebuah data-data yang nantinya di aplikasikan ke aplikasi. Ini melatih mereka untuk berkreasi dengan data yang ada bukan hanya meniru data-data yang sudah ada saja, karena biasanya mereka praktik cuma mengcopi dari yang sudah saya beri contoh. 

Untuk gambar kedua disini pembahasan materi baru, disini materinya adalah sistem bilangan dimana di dunia komputer itu ada 4 bilangan yang perlu mereka ketahui yaitu biner, desimal, oktal dan hexadesimal. Disini mereka belajar untuk bilangan desimal dan biner, pembelajaran yang saya terapkan disini menggunakan media game untuk bagaimana cara mengubah bilangan biner menjadi desimal. Disini anak berjajar 8 baris menandakan 8 digit bilangan biner dimana setiap anak memiliki nilai sendiri dan jika bernilai 1 maka nilai itulah yang harus dihitung. Alhamdulillah dengan metode ini anak jadi mengerti cara untuk mengubah bilangan biner ke desimal jadi lebih mudah. 

Demikian pembelajaran yang saya lakukan semoga anak-anak jadi lebih semangat lagi dalam belajar TIK. Semangat Boys ...... !!!!!!

2 komentar:

Dwi Ariyanti mengatakan...

Aamiin ya Allah🙇‍♀️
Mengubah biner jadi desimal sepertinya mirip dengan gerbang logika di ilmu Fisika ya Pak

MATHEMATICS ENTHUSIAST mengatakan...

Wah2 sistem bilangan nih yg di pakaiiii hehehe, aplikasi mtk ke tik