Kamis, 02 Februari 2023

Lebih Belajar Tentang Kriteria Penilaian

 

Kamis 2 februari 2023, kali ini zoom dengan Bu Capi kita lakukan di hari kamis. Nah yang kita bahas kali ini apa ? Sebenarnya tadinya sih membahas tentang video review tantang novel yang kita baca, kemudian teman-teman yang lain menilai tentang review yang kita lakukan dengan kriteria yang sudah ditentukan. Ketika melakukan penilaian ternyata terdapat rentang yang lumayan, satu sisi rata-rata memberi nilai yang sama tapi ada juga yang memberi nilai dibawah jauh. Nah apa yang terjadi kok bisa ada rentang yang jauh, padahal kriteria penilaian sudah ditentukan. Iya setelah semuanya memberi nilai ternyata dari kriteria yang ada masih memiliki penafsiran tentang kriteria yang ada sindiri-sendiri, jadi terjadilah rentang yang tidak sama. 

Nah supaya penilaian bisa sama maka dibuatlah kriteria penilaian yang lebih detail lagi, supaya dari penilaian yang dilakukan bisa sesuai dengan apa yang ada. Jadi setiap kriteria lebih didetailkan mana yang kurang, cukup, bagus, dan sangat bagus, dengan begitu indeks penilaian sudah mengarah kesana. Dengan membuat kriteria penilaian yang lebih detail maka untuk pelakukan penilaian pasti bisa sama, yah walaupun masih tetap ada yang tidak sama paling tidak rentang nilai yang dihasilkan tidak terlalu jauh. Ketika kriteria yang lebih detail sudah dibuat kemudian kita mencoba untuk melakukan penilaian lagi dengan menggunakan kriteria yang baru. Hasilnya sesuai yang kita harapkan jadi tidak terlalu jauh rentang nilai-nilai yang ada.

Dari zoom ini saya bisa belajar jadi kalau guru melakukan penilaian dengan menggunakan kriteria penilaian yang detail dan sudah disiapkan akan mempermudah kita untuk melakukan penilaian selain itu juga bisa diterima nilai yang guru berikan, karena dikriteria sudah jelas. Tapi untuk membuat sebuah kriteria penilaian yang detail memang butuh waktu dan harus dipersiapkan tidak bisa serba dadakan. 

Okey itulah yang bisa kita pelajari untuk zoom kali ini, semoga dengan ini kita bisa lebih baik lagi dan bisa menilai dengan baik. 



2 komentar:

Dwi Ariyanti mengatakan...

Butuh waktu dan tidak bisa dadakan, sepakat

MATHEMATICS ENTHUSIAST mengatakan...

Betul, memang butuh waktu, tetapi hasil yang kita sampaikan jelas dan akurat bismillah