Selasa, 18 April 2023

Belajar Membuat Program Secara Mudah

 


Bicara soal membuat program pastinya tak lepas dari yang namanya coding. dan ketika bicara tentang coding pasti juga orang-orang pada malas untuk menghafalnya karena banyak sekali script yang harus dipahami dan dihafal. Apalagi untuk anak SMP bahkan anak SD kalau kita mengajari mereka coding pasti nanti hasilnya mereka tidak akan tertarik karena banyaknya script yang harus diketik dan dipahami. 

Nah untuk kali ini saya akan mengenalkan kepada kalian sebuah aplikasi pemrograman yang simple dan mengasikan pula. Ya walaupun saya juga masih belajar untuk menggunakan aplikasi ini, aplikasinya namanya adalah Scratch. Scratch ini apa sih ??? Scratch merupakan sebuah bahasa pemrograman visual untuk pembelajaran yang memungkinkan seorang pemula (entah murid, guru, pelajar, atau orangtua) untuk belajar membuat program sederhana tanpa harus memikirkan salah-benar penulisan scriptnya. Layanan aplikasi ini dikembangkan oleh MIT Media Lab, dan memiliki terjemahan ke lebih dari 60 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia, bagi yang kesulitan menggunakan Bahasa Inggris bisa menggunakan Bahasa Indonesia. Scratch diajarkan dan digunakan di sekolah, perguruan tinggi, serta lembaga pengetahuan publik lainnya. Jadi ini sangat cocok untuk belajar membuat sebuah program buat anak-anak pemula yang ingin cepat memahami membuat program. 

Untuk teman-teman semua kalau ingin belajar silahkan pertama bisa menggunakan scratch ini dahulu. Scratch ini ada 2 versi penggunaan, yang pertama bisa menggunakan secara online langsung lewat website https://scratch.mit.edu/, tentunya harus terkoneksi internet ya. Kemudian yang bisa juga Aplikasi Scratchnya bisa diinstall ke komputer atau laptop masing-masing.

Disini saya sudah mencoba untuk menggunakan Aplikasi Scratch ini dengan membuat sebuah kucing yang bisa berjalan dan mengeluarkan suara. Pengen tau bagaimana hasil dan caranya bisa tunggu di channel youtube saya ya.. Terima kasih selamat mencoba teman-teman.. 

2 komentar:

Dwi Ariyanti mengatakan...

Ditunggu release di youtubenya Pak

MATHEMATICS ENTHUSIAST mengatakan...

Sangat menarik sekali pak, jdi ingat saya dulu belajat App Inventor yang penuh dengan script beserta logikanya