Sabtu, 18 Maret 2023

Mau Pintar ????

 

Dalam hidup ini pasti ada keinginan ingi menjadi pintar. Siapapun itu dan dengan latar belakang apapun pasti ingin menjadi pintar. Nah dalam artiketku yang kali ini saya akan membahas untuk kebiasaan apa saja sih yang bikin kita makin pintar. Sebelumnya untuk menjadi lwbih pintar dari sebelumnya itu harus dimulai dari diri kita sendiri. Ya dengan kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari itu akan memicu kita untuk mau tambah pintar atau tidak.

Baiklah sekarang untuk kebiasaan yang bisa membuat kita lebih pintar antara lain : 

1. Menulis ide yang muncul tiap hari 

Tentunya setiap hari ada yang kita pikirkan entah itu memikirkan masalalu, yang sedang kita lakukan atau yang akan kita lakukan. Ketika kita memikitkan yang akan kita lakukan atau memiliki sebuah ide yang bermanfaat untuk kedepannya kita harus menulisnya, karena kalau ide tersebut tidak ditulis besuk kita memikirkan hal yang lain dan otomatis ide yang muncul kemarin pasti lupa. Itulah pentingnya menulis ide yang muncul setiap saat. 

2. Tindak lanjuti infomasi dengan pertanyaan

Dalam mendapat suatu informasi tentunya kita tidak boleh langsung menerimanya begitu saja kita harus memastikan informasi itu benar atau tidak. Bagaimana cara kita bisa mengetahui infomasi itu benar atau tidak ? Ya dengan bertanya dulu dengan yang lebih tau, dengan begitu kita secara tidak langsung mendapatkan informasi yang lebih akurat lagi untuk ditindaklanjuti.

3. Banyak nonton video edukasi

Namanya manusia pasti harus terus belajar, apalagi sekarang eranya semakin lama semakin maju. Kalau kita tidak mengikuti perkembangan zaman otomatis kita akan ketinggalan. Nah untuk mengikuti perkembangan yang ada kita harus selalu belajar, walaupun kita bukan anak sekolah lagi tapi tetap kita harus belajar. Belajarnya dengan siapa ? kita manfaatkan media yang ada, terutama google, digoogle kita bisa belajar banyak dari artikel ataupun video edukasi.

4. Bikin list apa saja yang sudah kamu lakukan

Setiap hari kita melakukan kegiatan yang berbeda-beda, tentunya dengan apa yang sudah kita lakukan kita bisa belajar sesuatu dari itu. Untuk itu kita bisa membuat agenda apa saja yang kita lakukan untuk menjadi refleksi kegiatan berikutnya yang akan kita lakukan.

5. Baca, baca dan membaca

Membaca merupakan yang yang bagus untuk kita mendapatkan informasi baru dan pembelajran baru pastinya. Memang terkadang kita melihat orang yang membaca itu kayak orang yang tidak punya kerjaan lain, tapi itu adalah kegiatan yang perlu kita biasakan ketika ada waktu luang dan kalau bisa meluangkan waktu memang untuk membaca. Karena dari membaca pasti ada hal yang bisa didapat.

6. Buat rencana mingguan

Sebelum memulai kegiatan kita biasanya sudah memikirkan apa yang akan kita lakukan. Tetapi terkadang saat kita lakukan tidak sesuai dengan yang kita pikirkan sebelumnya. Untuk itu buatlah rencana supaya kita bisa melakukan hal yang sudah kita pikirkan. 

Nah itulah 6 tip untuk membuat diri kita menjadi tambah pintar. Ini menurut saya ya, kalau kalian setuju bisa komentar dikolom komentar dan kalau ada masukan juga bisa lewat kolom komentar. Semoga artikle yang saya buat bisa bermanfaat. Terima Kasih......

2 komentar:

Dwi Ariyanti mengatakan...

luangkan waktu untuk membaca, sepakat👍

MATHEMATICS ENTHUSIAST mengatakan...

Mau pintar, makanya membaca