Kamis, 09 Maret 2023

Membuat Aplikasi dengan Power Apps

 


Selamat datang kembali diblog saya, pada artikel kali ini saya akan berbagi kepada teman-teman tentang webinar yang saya ikuti kemarin. Dalam webiner kali ini membahas tentang bagaimana cara membuat aplikasi dengan menggunakan Power Apps. Dulu saya sih sudah pernah membuat tapi karena sudah lama tidak saya aplikasikan jadi lupa, hehehehe.

Nah beruntung kali ini saya diingatkan lagi karena adanya webinar ini. Dalam sesi ketiga ini kita sebagai peserta webinar mendapat tugas untuk membuat aplikasi dengan menggunakan Power Apps. Tentunya dalam pembuatan aplikasi ini pasti ada ketentuan harus kita kerjakan diantaranya : 

1. Dalam aplikasi harus memuat logo instansi

2. Dalam aplikasi harus bisa manambah 1 record data baru

3. Dalam aplikasi memiliki 3 tampilan screen 

Baik dalam membuat tugas ini tentunya saya tidak mengandalkan materi yang disampaikan di webiner saja, disini saya juga belajar dari beberapa tutorial yang ada di internet. Alhamdulillah setelah banyak belajar disini saya berhasil membuat sebuah aplikasi sederhana dari Power Apps. Aplikasi yang saya buat kali ini tentang daftar guru, dalam aplikasi ini menampilkan dimana disetiap menu terdapat logo instansi. Kemudian dalam aplikasi ini saya bisa menambah, mengedit dan menghapus sebuah data yang ada pada databasenya. Dan juga memiliki 3 tampilan/screen, tampilan yang pertama yaitu dafatr guru itu sendiri, kemudian tampilan kedua adalah menambahkan data guru baru dan tampilan yang ketiga itu menampilkan biodata guru yang ada serta dapat mengedit data guru tersebut.

Dari pelatihan sesi 3 ini saya bisa mengerti kegunaan Power Apps sampai bagaimana menggunakan aplikasi tersebut untuk membuat aplikasi lain. Terima kasih atas pelatihannya semoga materi ini bisa kita terapkan pada sekolah kami.

Tidak ada komentar: