Sabtu, 25 Maret 2023

Mengenal OpenAI API


 
Selamat datang kembali di blog saya, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang OpenAI API. Ini merupakan bahasan baru pada blog saya, yang biasanya membahas seminar, pelatihan atau pembelajaran yang lain, kali ini saya akan membahas tentang teknologi modern yang ada pada sebuah website. 

Sebelum saya membahas tentang OpenAI API, saya akan menjabarkannya terlebih dahulu. OpenAI API gabungan dari 3 kata yaitu Open, AI dan API itu sendiri. Yang pertama Open itu berarti secara terbuka, yang kedua AI atau kepanjangan dari (Artificial Intelligence) atau biasa disebut dengan kecerdasan buatan, yang merupakan sebuah teknologi kompuer atau mesin yang dimana melaksanakan tugas manusia seperti membuat keputusasn, pemecahan masalah dan pengenalan pola. Kemudian yang ketiga yaitu API atau kepanjangan dari (Aplication Programming Interface) yang merupakan program aplikasi yang bersifat langsung dan dapat digunakan secara langsung. Jadi OpenAI API ini merupakan sebuah program aplikasi yang secara langsung menjalankan teknologi dimana melaksanakan tugas manusia yang bersifat terbuka (boleh dikembangkan oleh orang lain). 

Nah OpenAI ini sendiri menyediakan sebuah website dimana seorang pengunjungnya (manusia) bisa memanfaatkan teknologi yang disediakan oleh OpenAI ini sendiri. Salah satu menu program yang disediakan OpenAI ini adalah Playground. Pada menu ini OpenAI memberi kemudahan bagi pengguna untuk melakukan hal-hal yang diperlukan, dari membuat keputusan, pemecahan suatu masalah bahkan sampai pengenalan pola-pola tertentu. Dalam penggunaan menu playground yang disediakan OpenAI ini saya membantu bagi user-user yang masih sedang belajar. Ketika seorang user ingin melakukan pengambilan keputusan ataupun memecahkan suatu masalah dan mencari sebuah pendapat kita bisa memanfaatkannya, kita tinggal menulis apa yang kita inginkan kemudian kita klik tomblo submit aja maka program akan memberikan jawaban ataupun berupa solusi untuk suatu keputusan atau permasalahan yang diketik tadi. Bahkan dalam aplikasi ini kita bisa menentukan berpa kata yang kita butuhkan. Tentunya dalam pemberian jawaban yang diberikan oleh OpenAI jangan langsung dijadikan patukan, karena hanya merupakan aplikasi pembantu saja. Kita harus tetap menyaring jawaban yang diberikan oleh aplikasi ini. Tetapi seditknya membantu kita untuk mendapatkan sebuah ide-ide baru untuk memecahkan maslah yang ada. 

Dalam OpenAI API ini tertunya menunya bukan cuma playground ini saja tapi masih banyak menu yang lain yang dapat dimanfaatkan. Untuk itu silahkan dipelajari lagi untuk penggunaan dari OpenAI API ini. Dan jika ada yang bisa disampaikan lagi silahkan bantu tulis di Kolom Komentar.

Demikianlah yang saya ketahui mengenai OpenAI API ini. Tentu saja apa yang saya sampaikan belum tentu benar semua atau sesuai dengan yang anda pikirkan juga. Untuk itu jika ada yang salah dalam materi yang saya utarakan didalam blog saya ini saya mohon maaf. Dan semoga penjabaran saya mengenai OpenAI API ini bisa membantu anda dan yang lain untuk mengenal yang namanya OpenAI API. Selamat memanfaatkan Platform dari OpenAI tersebut. 

4 komentar:

Dwi Ariyanti mengatakan...

membuat keputusan, memecahkan masalah dan mengenal pola ; benar-benar hampir mirip dg kecerdasan manusia😄

MATHEMATICS ENTHUSIAST mengatakan...

Masih eksplorasi AI pak agar dapat manfaat lebih banyak hehehe

Zulikha Putri mengatakan...

Mari belajar lebih banyak tentang AI pak

Fatimah Ma'shumah mengatakan...

Semakin dipelajari semakin banyak manfaatnya ya pak