Selasa, 31 Januari 2023

growth mindset

 


Growth mindset merupakan pola pikir dimana seseorang mau untuk berkembang, bukan mengandalkan kemampuan yang dia miliki dari lahir. Seiring perkembangan zaman kita harus memiliki pola pikir untuk berkembang, karena kalau kita hanya berdiam diri dan tidak mau untuk pindah dari zona nyaman yang dimiliki maka akan jauh dari kesejahteraan. 
Ada yang bilang kalau ketrampilan itu dimiliki sejak lahir, pernyataan itu salah karena sebuah ketrampilan itu dimiliki oleh seseorang karena kemauan dan selalu diasah. Iya betul ada ketrampilan yang dimiliki sejak lahir tapi kalaupun sudah bunya bakat dari lahir kalau tidak diasah itu akan menghilangkan bakat yang dimilikipun akan berkurang. 
Untuk saya sendiri apakah sudah growth mindset ? 
Ya kalau ditanya seperti ini untuk beberapa hal saya sudah melakukannya, mengakui tidak kesempurnaan yang saya miliki, menghadapi tantangan baru walaupun kadang tidak maksimal hasilnya, memperkuat kelebihan yang saya miliki mengenai ilmu teknologi, menghargai proses yang dilakukan baik diri sendiri maupun orang lain dan belajar dari kesalahan. Tapi pastikan juga kadang saya berfikir fix mindset juga, terkadang saya tidak bisa menjaga ucapan saya yang ngawur sampai kemana-mana dan saya pun mesti harus membutuhkan persetujuan orang lain dalam melakukan suatu hal, jadi kurangpercaya diri dalam mengambil tindakan.
Yang saya harap kedepannya saya lebih bisa menjaga ucapan saya dan lebih bisa percaya diri dalam mengambil tindakan walaupun hasil yang diambil nantinya bisa merugikan saya. Kemudian untuk teman-teman saya harap ketika mendapatkan tugas yang baru selalu mensyukurinya dan menganggap itu adalah kepercayaan yang diberikan kepada kalian buka menganggap sebagai beban. karena dari itu semua kemampuan kita akan bertambah dan ketrampilan kita pun selalu diasah. 

Okey teman-teman jangan biarkan ketratifitas kita tidak berkembang ya .... 

3 komentar:

Zulikha Putri mengatakan...

Mengasah terus ya pak semangattt

Dwi Ariyanti mengatakan...

syukur dan percaya dg yg ditugaskan pimpinan karena itu adalah jalan untuk memintarkan yg dipimpin

miladesti mengatakan...

Pasti bisa dengan semangat belajar dari manapun